Senin, 14 Maret 2016

Menginap di Tengah Hutan dan Arung Jeram di Citarik

Yeaaaayyyy...... Saat yang dinantikan pun tiba.
Saatnya kantor mengadakan kegiatan Training Leadership bagi semua pegawai. Dan kegiatan ini bertujuan untuk menambah kekompakan, kerjasama dan saling bahu membahu terhadap para pegawai. Tanggal yang diambil untuk kegiatan ini adalah 04-06 Maret 2016 berlokasi di Cikidang, Sukabumi-Jawa Barat.
Dalam kegiatan ini, kami dibantu oleh sebuah EO dan menginap dalam tenda di tengah hutan bernama Bravo Adeventure Camp. dengan full aktivitas seperti arung jeram atau rafting, paint ball dan games-games seru lainnya.
Kebetulan saya menjadi salah satu tim panitia kegiatan, oleh karena itu saya dan beberapa rekan harus sampai di lokasi sebelum jam makan siang untuk mempersiapkan segala sesuatu sampai semua rombongan tiba di tempat tujuan.

Hari ke-1, 04 Maret 2016
Saya dan rombongan tiba menggunakan mobil kantor type Hi-Ace tepat sebelum jam makan siang. Sampai di lokasi, kami mengecek semua kesiapan tenda-tenda, mushalla dan juga kamar mandi untuk para peserta.
Selesai mengecek semua kebutuhan untuk rombongan, kami pun langsung ke lantai atas untuk makan siang yang telah disediakan oleh pihak Bravo Adventure Camp.
Dikarenakan rombongan masih lama tiba di lokasi, saya dan teman-teman memutuskan untuk melihat sunset di Pelabuhan Ratu. Perjalanan ke Pelabuhan Ratu ini saya tuangkan dalam blog ini juga : http://mirnaronie.blogspot.co.id/2016/03/mengunjungi-kamar-308-inna-samudra-beach.html
Perjalanan Cikidang-Pelabuhan Ratu-Cikidang ditempuh + 1.5 jam. Sepanjang perjalanan ditemani oleh banyak pohon kelapa sawit dan juga pohon karet di kiri dan kanan jalan. Cukup menyeramkan apabila ditempuh pada malam hari, seperti saat kami akan kembali ke Cikidang. Harus berhati-hati mengendarai mobil di tempat ini karena penuh liku dan juga jalan licin apabila datang hujan.
Kami tiba kembali di tempat penginapan sekitar pukul 19.00 WIB disambut dengan hujan yang lumayan deras dan juga satu pun rombongan dari 3 (tiga) bis belum juga datang.
Kami rehat sejenak sambil menikmati teh panas yang disediakan oleh pihak Bravo Adventure Camp.
Sekitar pukul 20.00 WIB, rombongan bis yang pertama pun datang. Dikarenakan bis tidak bisa langsung masuk ke lokasi penginapan karena curam, maka rombongan dijemput dengan menggunakan mobil pick up kecil. Hihihi.... Seru juga. Sayang sekali moment ini lupa saya abadikan.
Tak berapa lama dari bis pertama datang, bis kedua dan ketiga akhirnya sampai juga.
Setelah semua rombongan tiba dengan selamat, kami semua pun mulai menikmati hidangan makan malam yang sudah disediakan sesuai dengan paket yang kami ambil. Setelah makan malam selesai, semuanya masuk ke tenda-tenda untuk beristirahat.

Hari ke-2, 05 Maret 2016
Di hari ini, semua akan berkegiatan baik yang akan arung jeram ataupun yang akan main paint ball. Semua bangun di pagi hari, mandi dan sarapan sebelum memulai kegiatan.
Setelah semua rapih dan sarapan, kami semua berkumpul di area depan untuk memulai briefing kegiatan arung jeram. agi peserta yang tidak ikut arung jeram, bisa menghabiskan waktu dengan main paint ball di area yang telah ditentukan.
Kami semua pun bersiap untuk memulai arung jeram sepanjang 6 km. Cukup pendek banget bagi kami yang suka berpetualangan di air.
Kami di bagi beberapa kelompok dengan 4-5 peserta untuk 1 perahu ditambah guide. Bagi yang baru pertama kali arung jeram pasti ada rasa takut yang hebat seperti dua orang teman perempuan saya tapi tetap saja mereka penasaran dengan petualangan yang gak akan pernah terlupakan ini. Ini adalah pengalaman saya yang ketiga kalinya untuk berarung jeram.
Dimulailah petualangan ini menyusuri air dan bebatuan yang besar-besar, juga dengan beberapa jeram yang sungguh dahsyat tapi mengasyikan.
Ada 2 perahu yang sempat terbalik karena salah tekhnik, tapi semua itu bisa terlewati dengan baik karena ketangkasan guide yang sudah handal menghadapi hal yang seperti ini. Setelah 6 km kami lewati, saatnya kami tiba di garis finish dan disuguhi kelapa muda dan juga aneka makanan seperti gorengan, ubi, kacang rebus, jagung rebus, teh hangat dan air jahe. Sungguh pengalaman yang gak akan terlupakan dan bisa untuk cerita anak cucu hehehe.

Setelah semuanya menikmati hidangan yang tersedia, kami pun kembali ke tempat penginapan untuk mandi lagi dan juga ganti baju. Kami diantar dengan menggunakan mobil pik up untuk bisa kembali ke penginapan. Tambah seru banget karena harus melewati perkampungan dengan jalan berliku dan di hari yang terik.
Setibanya kami di penginapan, semuanya menyebar untuk segera mandi dan ganti baju. Setelah itu baru kami berkumpul kembali untuk games lainnya tapi sayang hujan amat sangat deras, sehingga kami semua hanya bermain games kecil di ruangan tempat makan. Cukup seru juga tapi sayang banget ada beberapa peserta yang menikmati tidur di siang itu dan acara selanjutnya akan dilanjutkan pada jam 19.30 WIB yang disambung dengan acara hiburan.

Hari ke-3, 06 Maret 2016
Hari terakhir ini, kami semua berencana pulang lebih cepat dikarenakan khawatir jalanan macet yang luar biasa. Kami pun meninggalkan penginapan jam 08.00 WIB.
Sungguh pengalaman yang sangat berharga dan gak pernah bisa dibayar dengan apapun.
Semoga masih ada pengalaman-pengalaman lain yang lebih seru.