Rabu, 02 Maret 2016

22 tempat wisata anak terasik untuk seluruh keluarga di Bandung

Berencana membawa anak-anak pergi liburan? Traveling bersama keluarga nggak berarti kamu nggak bisa ikutan bersenang-senang sambil mengasuh anak-anak lho.
Sebagai salah satu destinasi utama dalam membawa keluarga pergi liburam. Bandung mempunyai banyak atraksi yang cocok untuk anak-anak dan keluarga yang juga akan disukai oleh orang tuanya.
Di tempat-tempat yang akan kita bahas ini, kami yakin anak-anakmu akan sangat terhibur. Mari kita simak

1) Ada Rumah Hobbit di Bandung! : The Farm House
Farm House tepatnya terletak di Jalan Raya Lembang, dapat ditempuh berkendara sekitar satu jam dari pusat kota. Tempatnya tidak sulit ditemui karena ada di pinggir jalan raya.
eropa-house-via-ririnnfajriyah,-nunuknurhastuti
Tempat yang baru dibuka ini sekarang sedang menjadi primadona bagi turis-turis yang datang ke Bandung, termasuk bagi penduduk Bandung sendiri. Suasana yang ditonjolkan adalah suasana pertanian dan perkebunan ala Eropa dan rumah kurcaci (hobbit) yang selama ini kita lihat di New Zealand.
hobbit-house-via--dimas.adha
exterior-via-renimustik
The Farm House adalah tempat yang cocok untuk membawa seluruh anggota keluarga, anak-anak bisa berlarian di areal kebunnya yang luas, orang tua bisa berfoto dan mengambil foto anak-anak (psst, areanya sangat instagram material!), dan anggota keluarga yang lebih tua bisa duduk santai menghidup udara pegunungan yang sejuk sambil minum susu segar.
liburan-anak-via-b.e.e.lla,-jjeffadrian,-andriadesta
bike-and-well-via-erlykrisnandi,-riniutaami
The Farm House
Alamat: Jl. Raya Lembang No 108 Lembang Bandung
No Tlp: +62 22 82782400  
Tiket masuk: Rp. 20.000 yang dapat ditukar dengan makanan / minuman  Jam operasional: Setiap hari Pk. 09.00 – Pk. 21.00

2) Keluarkan sisi kekanak-kanakanmu: Ciwidey Valley Waterpark Resort
Datanglah dengan energy terisi penuh ke kolam berendam air panas ini karena kamu akan memerlukannya. Dengan jejeran perosotan air yang tersedia, kamu akan kembali merasa menjadi seperti anak-anak kembali disini.
Water park yang baru dibangun ini akan menarik perhatianmu dengan beberapa cottage cantik yang baru dibangun, tentu saja bisa didewa, juga dengan adanya beberapa patung pinggir kolam yang memancarkan air panas natural.

Orang tua dengan anak-anak yang hiperaktif juga tak perlu khawatir. Biarkan anak-anakmu berlari-lari dan bersenang-senang disini, selagi kamu duduk di lounge menyesap es the yang menyegarkan. Setelah lelah berlarian sepanjang hari, anak-anak akan lelah dan orang tua pun bisa menikmati tidur malam yang nyenyak.
Eh ada juga kandang burung yang sangat besar di resort ini, sangat menarik!

Untukmu yang mencari pengalaman outdoor yang autentik, resort ini juga menawakan tenda untuk disewa, bisa dipasang di camping ground mereka
 

Apalagi yang lebih asik dilakukan malam-malam selain menatap bintang di langit ditemani hangatnya api unggun?
Ciwidey Valley Waterpark Resort
Harga mulai Rp. 877.500
Tiket masuk untuk pengunjung tanpa menginap : Rp. 10.000, dan Rp. 25.000 untuk menggunakan fasilitas kolam renang. 
Alamat : Jl. Raya Batununggul, Ciwidey, KM 17 Kab Bandung, Jawa Barat, Indonesia 
No Tlp : +62 819 1057 2241 / +62 22 95920222

3) Bermain di tambang yang terbengkalai: Kampung Batu Malakasari
Dari sebuah tambang yang terbengkalai di Padaralang, Kampung Batu Malakasari sekarang telah menjadi tempat bermain anak oleh pemiliknya tanpa meninggalkan keindahan alamnya yang asli.
Cobalah naik kano menyebrangi danau yang dikelilingi oleh bebatuan yang bergerigi, akan mengingatkanmu akan proses terbentuknya dataran dari gempa tektonik jaman dulu.

Nggak merasa menguasai Geografi? Ada tour guide yang akan menceritakan padamu tentang begitu banyak keajaiban alam dan memberikan anak-anak pengetahuan sekaligus kesenangan dalam waktu yang bersamaan.
Di dalam satu permainan yang ada di sana, kamu dapat bermain di tanah, kotor-kotoran bersana anak-anak di peternakan bersama binatang-binatang seperti ayam, sapi dan rusa. Perhatikan bagaimana organisme terkecil pun dapat membantu menyeimbangkan ekosistem yang ada.
Ini juga merupakan kesempatan baik untuk mengajarkan anak-anak tradisi Sunda melalui tarian dan permainan tradisional Sunda yang akan membuat mereka lebih menghargai lingkungan – sesuatu yang sering jadi masalah belakangan ini.
Kampung Batu Malakasari juga dilengkapi dengan Tectona Waterpark, yang merupakan area berenang untuk anak-anak dari segala umur. Jangan khawatir karena ada lifeguards dan tim medis yang sesalu bersiaga untuk menjaga keamanan bermain anak-anak.


Kampung Batu Malakasari
Harga tiket masuk : Rp. 10.000 
Educational Tour : Rp. 75.000  
Tektona Waterpark : Rp. 25.000  
Alamat : Jalan Raya Banjaran (Rencong), Desa Malakasari Kec. Baleendah, Kab. Bandung, Jawa Barat  
No Tlp : +62 22 72591042 / +62 22 5947823

4) Supaya makan di luar nggak seperti biasa : makan di restoran dengan tema unik dan menarik.
Berencana untuk membawa anak-anak pergi makan dalam rangka sesuatu yang istimewa?
Bandung adalah tempat yang pas untuk mencari makan enak. Dengan sedikit usaha, kamu akan menemukan tempat makan dengan tema unik dan menarik yang membuat kamu akan berkata “wow” atas pengalaman makannya yang asik.

Anak-anak perempuan akan senang dibawa makan ke Nanny’s Pavillon, yang juga terkenal dengan peach pancakenya plus eskrim vanilla juga blueberry pancake cheese roll.
Biarkan mereka memilih ruangan dengan tema berbeda-beda, mulai dari tema kamar tidur sampai ke tema kamar mandi (lengkap dengan kursi berbentuk toilet lho!)
Sebagai alternatif aja, apakah kamu pernah membayangkan menangkap lobster hidup langsung dari kapal/perahu? Atau mungkin tujuan kamu ke Bandung adalah untuk mencoba semua café-café asik ini!
Satu tempat yang jangan sampai terlewat adalah Kampung Daun. Selain makanan khas tradisional Sunda, kamu juga dapat menikmati makananmu di gasibu dari bamboo, dikelilingi pepohonan dan suara air terjun.


5) ‘Bekerja’ di peternakan : Jendela Alam Farm
Ada beberapa tempat wisata di Bandung yang menawarkan banyak aktivitas berbau pekerjaan di peternakan yang memungkinkan pengunjung agar dapat berinteraksi langsung dengan berbagai  binatang atau tumbuh-tumbuhan, juga ikut memanen hasil pertanian.
Jendela Alam adalah salah satu tempat yang paling lengkap menghadirkan itu semua.
 


Jendela Alam berlokasi di Jl. Sersan Bajuri, Lembang, dimana memang banyak pertanian beneran. Kamu dapat berkeliling mengajak anak-anak mengitari lereng dan mungkin kamu akan menemukan aneka binatang!, pengunjung bahkan bisa juga ikutan memandikan, memberi makan, dan memberi susu untuk binatang-binatang ini.
Anak-anak dapat belajar cara bertani dengan menggunakan sekop dan garpu tanah sambil membiarkan tangannya kotor. Mereka juga bisa belajar tentang metode bertani yang modern seperti Vhydopronics dan Aquaponics.
 

Siapa tau sepulang dari sini kamu jadi ingin belajar menanam tanaman sayuran di rumah.

Jendela Alam farm
Tiket masuk: Weekday : Rp. 10.000, Weekend : Rp. 15.000 
Alamat : Jl. Sersan Bajuri Km 4,5 Ledeng Lembang, Bandung, Jawa Barat 
No Tlp : +62 22 2788482 / 2788513  
Jam operasional : Weekday : Pk. 09.00 – Pk. 16.00 | Weekend Pk. 08.00 – Pk. 16.00

6) Pasar atraksi terbaru di Bandung: Bandung Carnival Land
Apakah kamu pernah mendengar soal Trans Studio Bandung? Nah, Bandung Carnival Land ini adalah versi murahnya, dibuat oleh orang-orang di balik Jawa Timur Park yang ada di Malang.

Jangan kecil hati dulu melihat ukuran di theme park ini. Cobain deh naik Dragon Swing atau Mangkok Tsunami untuk tes adrenalinmu!

Apakah kamu penggemar segala sesuatu yang berbau horror? Masuk ke rumah hantu deh, tanggung sendiri risikonya ya, melewati koridor demi koridor, melewati patung-patung yang mengerikan. Hati-hati, kamu bisa jadi cukup beruntung untuk menangkap bayangan yang bergerak, belum tentu itu patung lho!
Kalau kamu mengunjungi Bandung Carnival setelah gelap, kamu dapat menikmati lampu-lampu mulai menyala dengan jejeran lampu dan lentera dalam bentuk dan ukuran yang berbeda-beda.
Bandung Carnival Land
Tiket masuk : Weekday Rp. 40.000 | Weekend Rp. 50.000  
Alamat : Jl. Sirnagalih No 15 Bandung, Jawa Barat  
Telepon : +22 22 2038634 
Jam operasional : Weekday : Pk. 11.00-19.00 | Weekend : Pk. 11.00-20.00

7) Memberi Makan Rusa dan Berkemah di Ranca Upas, Ciwidey
Tahukah Anda selain Kawah Putih yang tersohor, di Ciwidey, tepatnya di kawasan Ranca Upas juga terdapat Balai Konservasi Penangkaran Rusa dan Bumi Perkemahan?
Selain untuk sekadar melihat tingkah polah lucu para rusa, di balai konservasi ini Anda juga bisa berinteraksi langsung dengan rusa-rusa tersebut sambil memberi mereka makan sayuran atau wortel yang bisa Anda beli seharga sekitar Rp5.000.
Di sini juga terdapat tempat kegiatan outdoor (lengkap dengan rumah pohon!), serta bermacam aktivitas air yang bisa dinikmati oleh anak-anak sementara Anda memanjakan diri di pemandian air panas.
Dan jika Anda tiba-tiba memutuskan ingin bermalam, di sini juga terdapat toko-toko yang menyediakan perlengkapan berkemah yang bisa disewa dengan biaya terjangkau.

Ranca Upas, Ciwidey
Lokasi: Jl. Raya Ciwidey – Patenggang KM 11, Desa Alam Endah, Ciwidey, Kabupaten Bandung Jawa Barat. Koordinat di sini  
Tiket Masuk: Rp10.000,-/orang (hari biasa), Rp15.000,-/orang (akhir pekan), bila Anda ingin menginap dan berkemah di sini, ada biaya tambahan sebesar Rp 10.000,-/orang. Jika Anda membawa kendaraan, maka untuk kendaraan roda dua akan dikenai biaya Rp2.000,- sedangkan kendaraan roda empat sebesar Rp 5.000,-.

8) Belajar soal ulat sutera di Padepokan Dayang Sumbi
Pernah berpikir darimanakah kain sutra berasal dan kenapa harganya sangat mahal? Ajaklah keluargamu untuk mengikuti proses pembuatan kain sutera.
Lupakan pelajaran di sekolah soal siklus hidup ulat sutera. Di sini kamu bisa langsung mengobservasi proses dari bentuk kepompong, kemudian berubah menjadi benang sutera, dan lalu ditenun menjadi pakaian.


Jangan khawatir, binatang yang kelihatannya menjijikan ini sama sekali tidak menggigit, bahkan kalau ditaruh di atas kulit, kamu akan merasa geli-geli lucu, mereka bisa bermain di atas kulitmu lho!


Selain belajar membuat kain sutera, kamu juga bisa belajar bagaimana cara memperlakukan kain ini, mengetes keasliannya, dan tentu saja berbelanja produk sutera berbentuk kain, sampai baju jadi, termasuk juga accessories seperti anting dan gelang.

Padepokan Dayang Sumbi
Tiket masuk : Rp. 65.000 
Alamat: Jl. Arcamanik Sindanglaya KM. 4, Kampung Pamoyanan, Desa Mekarmanik 
No tlp : +62 813 2003 8686  
Jam operasional : Pk. 08.00 – Pk. 13.00 (reservasi terlebih dahulu)

9) Kebun Binatang Mini di Atap Sebuah Mal: Paris Van Java
Setelah puas berbelanja di berbagai toko yang ada di mal Paris Van Java, luangkanlah waktu satu atau dua jam untuk mengunjungi pesona tersembunyi yang terletak di bagian rooftop mal tersebut.
Ada dua kebun binatang mini di areal rooftop Paris Van Java, yaitu Lactasari Mini Farm dan Bird Park. Keduanya sangat cocok sebagai tempat untuk mengajarkan anak-anak Anda agar lebih menyayangi binatang.

Bersiaplah untuk disambut kicauan burung-burung tropis yang berwarna-warni!
Saat memasuki taman burung, Anda akan mendapat semangkuk belalang sebagai makanan bagi burung-burung yang ada di dalamnya. Di Bird Park ini Anda juga dapat melihat burung-burung langka Indonesia, seperti berbagai jenis Nuri dari Nusa Tenggara dan Burung Enggang dari Kalimantan.
Di bagian lain rooftop ini terdapat Lactasari Mini Farm, sebuah peternakan mini yang menjadi rumah bagi lima jenis hewan: kambing, domba, sapi, kelinci, dan anjing Siberian Huskies.

Ketika memasuki peternakan mini ini Anda akan diberikan celemek, sayur-sayuran dan sebotol susu untuk diberikan kepada hewan-hewan di dalamnya.
Peternakan mini ini begitu bersih dan terawat dengan baik, sehingga Anda bisa mengunjunginya dengan nyaman tanpa perlu khawatir akan terkena kotoran binatang.

Paris Van Java
Lokasi: Jl. Sukajadi no. 131-139, Bandung, Jawa Barat 40162, Indonesia  
Telepon: (022) 2060800 
Tiket Masuk: Bird Park Rp29.000,- Lactasari Mini Farm Rp60.000,- 
Jam Operasional: 10.00-22.00

10) Menelusuri kreatifnya Bandung di Kampung Dago Pojok
Tadinya sih area ini bukan area yang nyaman untuk dikunjungi, namun sekarang Kampung Dago Pojok telah berubah menjadi komunitas seni dengan lingkungan yang aman dan nyaman.
Pada mulanya, komunitas ini menyediakan sekolah gratis untuk anak-anak yang tidak mampu yang memfokuskan kegiatannya terhadap seni sebagai tambahan dari mata pelajaran sekolah standar. Komunitas ini dimulai oleh Rahmat Jabaril yang dalam waktu singkat telah menarik banyak orang untuk ikut serta dalam banyak kegiatan seni.


Saat memasuki Kampung Dago Pojok, pengunjung akan disambut dengan murals berwarna-warni di dinding-dindingnya. Intiplah jalan-jalan kecilnya dan kamu akan menemukan banyak gadis kecil sedang belajar menari jaipong, atau anak-anak lelaki sedang berlatih pencak silat.
Ada juga workshop yang khusus membuat wayang, instrument bamboo, hasta karya, juga pembuatan kue-kue tradisional yang terbuka bagi siapa aja yang tertarik.

Kampung Dago Pojok
Tiket masuk : Berbentuk donasi  
Alamat : Jl. Dago Pojok RW 03 Coblong, Bandung
Jam operasional : Pk. 08.00 – Pk. 22.00

11) Kampung Gajah Wonderland: Tujuan keluarga paling favorit di Bandung
Kampung Gajah menawarkan 20 atraksi permainan, ini adalah tempat ideal untuk bermain bersama seluruh anggota keluarga. Jangan khawatir kakimu akan lecet berkeliling tempat ini, ada Segway yang bisa disewa untuk berkeliling tempat sebesar 60 hektar ini.
Kampung Gajah memang lebih cocok untuk anak-anak yang sudah lebih besar, bukan cuma memiliki aktivitas wisata paling banyak di Bandung, Kampung Gajah juga menghadirkan banyak permainan dengan skala yang lebih besar lagi. Ada permainan zip line yang membentang sejauh 500 meter ke lereng Lembang, atau ada juga mobil buggy dan ATV untuk berkeliling area berlumpur disana.


Anak-anak juga akan menikmati kebun ala Teletubbies dan mengendarai perahu ber-bumper.
Kalau itu semua belum cukup, tahukah kamu kalau Kampung Gajah Wonderland ini juga memiliki waterpark sendiri?
Anak-anak remaja dan orang dewasa dapat meninkmati Tornado Slide, Octopus Slide, dan juga tabung perosotan sepanjang 100 meter sementara anak-anak yang lebih kecil bisa bermain air di kolam anak-anak atau kolam bergelombang.
 
Kampung Gajah Wonderland
Tiket masuk (Weekday / Weekend) Tiket masuk saja : Rp. 10.000 / Rp. 20.000  
Semua akses : Rp. 150.000 / Rp. 250.000
Waterpark : Rp. 100.000 / Rp. 125.000  
Alamat : Sersan Bajuri KM 3,8 Lembang Bandung Jawa Barat 40559 
Telepon : +62 22 6109 9999

12) Mengakrabkan Diri dengan Alam di Dusun Bambu Family Leisure Park
Satu jam perjalanan dari pusat kota terdapat sepenggal surga, di mana semua yang Anda lihat tampak lebih indah dari biasanya.
Dusun Bambu Family Leisure Park berlokasi tepat di kaki gunung di kawasan Situ Lembang dengan udara yang begitu bersih. Bahkan untuk menuju taman ini Anda masih harus naik shuttle dari tempat parkir.
Obyek wisata ini sangat ideal bagi Anda yang ingin lepas dari hiruk pikuk kota dan yang bosan dengan hiburan di mal!

Anda dapat berpartisipasi dalam bermacam aktivitas, dari naik balon udara hingga mendayung kano sembari menikmati segarnya udara pegunungan. Karena taman ini tutup jam 10 malam, bila masih belum puas menghabiskan waktu di sini, Anda dapat menginap di pondok di tepi danau yang bangunannya terbuat dari kayu. Bagi mereka yang lebih berjiwa petualang, bisa juga menyewa tenda berkapasitas 6 orang dengan harga Rp 1.400.000,- per malam.

Dusun Bambu Family Leisure Park
Lokasi: Jl. Kolonel Masturi Km. 11, Situ Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat 40551  
Telepon: (022) 82782020  
Tiket Masuk: Rp 15.000,- Jam Operasional: 08.00-22.00

13) Park-hopping diantara taman-taman tematik di Bandung, ada 600 lebih!
Dari banyak hal yang membuat bandung terkenal, salah satunya adalah adanya 600 taman tematik di seluruh kota, dimana di beberapa di antaranya tersedia koneksi wifi.
Taman-taman ini tentu saja bukan taman-taman biasa.
Kamu dapat menonton film dengan layar raksasa di Taman Film yang terletak di bawah jembatan PAsupati. Pastikan kamu mencatat dulu jadwal film yang diputar di @BDG_TamanFilm sebelum pergi kesana.

Kalau kamu pecinta bunga, pergilah ke Taman Pustaka Bunga yang memiliki ribuan spesies bunga yang berbeda-beda, taman ini terletak tepat di sebelah taman yang baru dibangun, Taman Lansia.

Masih banyak lagi taman yang lain lho! Ini beberapa list taman yang kami rekomendasikan untuk kamu kunjungi
Taman Fotografi, Taman Musik, Taman Kota Babakan Siliwangi, Taman Lalu Lintas, Taman Persib, Taman Pasupati.
Taman-taman yang ditata dengan apik ini cocok untuk piknik keluarga di kahir minggu, terutama keluarga dengan balita yang baru mulai mengenal sekelilingnya. Ada banyak kebun-kebun untuk berfoto-foto juga, kamu pasti suka.

14) Belajar membuat layangan dari ahlinya di Gang Sereh
Bosan melihat anak memegang gadget melulu? Perkenalkan mereka pada kebudayaan yang sudah ada sejak dulu adalah salah satu caranya.
Gang Sereh, sebuah gang kecil di jalan Astana anyar Bandung adalah pusat pembuatan layangan dari jaman dulu kala.
Ketika melangkah melewati rumah-rumah berwarna terang dan bangunan-bangunan tua yang merupakan workshop pembuatan layangan, kamu akan merasa seperti ‘terlempar’ sejenak ke masa lalu.
Belajarlah satu dua hal dari Lie Fie Kiat (atau biasa dipanggil akiat), seorang veteran ahli pembuat layangan yang sudah memenangkan 3 kali juara dunia festival layang-layang.
Toko Akiat ditandai dengan adanya layangan raksasa dengan motif wajah di depan tokonya, tak sulit dicari. Kalau kamu datang ke sana sore hari, beliau akan dengan senang hati mengajari anak-anak bermain layangan.

Gang Sereh
Tiket masuk : gratis (layangan dijual dengan harga mulai dari Rp. 45.000)
Alamat : Gang Sereh, Jl. Astana Anyar, Kota Bandung, Jawa Barat  
Jam operasional : Pk. 10.00 – 15.00

15) Mengunjungi the land of happily ever after: Phantasia Barbie Gallery di the Balcony Restaurant
Biarkan anak-anak perempuan kegirangan luar biasa dengan melihat banyaknya boneka Barbie dalam bentuk miniature dengan tema yang berbeda-beda.

Adanya bagian dari restoran Balcony yang menarik perhatian anak-anak ini akan membuat mereka biasanya menolak makan sayuran.
Dengan adanya 300 boneka di display, gallery ini tentu saja akan memberikan imajinasi tertentu bagi putri-putrimu.


Balcony Restaurant, Bilique Hotel
Tiket masuk: Pembelian minimal Rp. 20.000 (gratis untuk tamu hotel)  Alamat: Jl. Sersan Bajuri No.100, Bandung, West Java, Indonesia  
Tlp: (+62) 22 201 1330  
Jam operasional: Pk. 09:00-22:00

16) Belajar origami di Maya Hirai School of Origami
Setiap kita tentu pernah belajar membuat kapal terbang dari kertas saat masih kecil dulu. Tapi ada lebih banyak hal yang bisa dipelajari dengan origami.
Di Maya Hirai School of Origami, kamu akan belajar metode origami yang sederhana sampai yang lebih rumit lagi ; memutar balik, memotong, atau juga belajar tehnik origami ‘basah’. Anak-anak pasti senang karena bisa melakukan banyak hal dengan kertas berwarna-warni ini.
Origami telah terbukti dapat meningkatkan skill motorik dan melatih anak-anak kecil untuk mengikuti instruksi. Belajar origami tidak hanya menyenangkan tapi juga baik untuk tumbuh kembang anakmu
 

Maya Hirai School of Origami juga menjual buku, video, dan tentu saja kertas origaminya sendiri. Jadi anak-anak bisa segera mulai mendekorasi kamar mereka dengan peralatan yang mereka punya.

Padepokan Dayang Sumbi
Tiket masuk : Rp. 25.000  
Alamat Jl. Cigadung Raya Timur no 85F Bandung 40191
Telepon : +62 70840375/+62 81802098501  
Jam operasional : Pk. 08.00 – 17.00

17) Menambah pengetahuan & pengalaman di SPICE Camp (Spirit Camp Educity)
Kapan coba kamu terakhir pergi berpetualang dan menghabiskan beberapa malam jauh dari rumah?
Camping adalah kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan bersama seluruh keluarga, walaupun biasanya selalu saja ada ketidaknyamanan karena tidur di hutan, urusan kamar mandi, dan lain-lain.
 

Di SPICE Camp, kamu tidak akan kehabisan aktivitas untuk dilakukan dengan anak-anak. Disana tersedia fasilitas outbond standard dan juga kegiatan alam, eksperimen sains, dan bahkan acara memasak untuk ibu-ibu dan anak-anak perempuan.
Di area outdoor, anak-anak akan menikmati pengalaman menarik yang berhubungan dengan masalah pemanasan global, mereka akan dibuat mengerti kenapa menjaga lingkungan adalah hal yang penting untuk dilakukan.
Tersedia beberapa paket berbeda untuk beberapa kelas umur, jadi jangan khawatir, semua program disana sudah dirancang sesuai dengan umur anak.
Nggak punya waktu untuk mengenal program mereka satu demi satu? SPICE Camp menawarkan program satuan untuk pengunjung harian dengan durasi yang berbeda-beda, bisa sesuai jadwal kita. Harganya dapat dilihat di website mereka.

SPICE Camp (Spirit Camp Educity)
Harga tiket masuk : Rp. 275.000/orang  
Alamat : Jl. Panyawangan Kav 3, Bale Pare Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Bandung Barat.  
No Tlp : +6222 6803655 / +6222 70725364 / +6222 76520175  
Jam operasional : Pk. 08.00 – Pk. 17.00

18) Mengajak anak-anak mengenal permainan tradisional kuno dengan Komunitas Hong
Ingatkah kamu betapa menyenangkannya waktu kita bermain dengan mainan kayu dan mempunyai imajinasi yang luar biasa saat kita masih kecil dulu?
Bersama Komunitas Hong, kamu dapat menghidupkan kembali semua permainan masa kecilmu : menjadi jawara bermain kelereng, berkuda dengan kuda lumping, bermain wayang, dan kali ini, kamu dapat mengajak anakmu ikut serta sambil memperkenalkan mereka pada permainan tradisional ini.
 

Buatlah anak-anak berhenti sejenak dari kebiasaannya bermain video games dan ajar mereka melihat bagaimana anak-anak jaman dulu bermain. Ini juga akan melatih motorik mereka dan mengajar mereka bagaimana menghargai teamwork.
Begitu musik mulai mengalun, anak-anak di Komunitas Hong akan berbaris menuju ‘Lumbung Mainan’, dimana ada ratusan mainan disimpan disana. Seorang anak akan naik ke atas lumbungnya kemudian menarik satu mainan secara random untuk kemudian dipakai bermain bersama anak-anak yang lain.



Selain permainan tradisional, Komunitas Hong juga menawarkan banyak kue dan snack tradisional yang bisa kamu nikmati sambil minum bandrek dari batok kelapa.

Komunitas Hong
Tiket masuk : Rp. 50.000
Alamat : Jl. Bukit Pakar Utara 35 Dago Bandung 40198 Parahyanagan, Padalarang, Bandung Barat
No tlp : +62 22 2515775, +62 85295111950  
Jam operasional : Pk. 09.00 – Pk. 17.00

19) Karya seni dimana-mana : Crayon’s Craft & Co.
Kamu tidak menemukan bahan-bahan untuk membuat karya-karya manis yang ada di Pinterest? Coba cari di Crayon’s Craft & Co deh, toko penyedia barang-barang seni terbesar di Indonesia.



Untuk minimal pembelian Rp. 100.000, kamu bahkan akan mendapat kursus gratis membuat hasta karya.



Ini adalah tempat yang tepat untuk menggali sisi kreatif dari anakmu. Anak-anak dengan rentang umur yang bervariasi akan menikmati waktu mereka disini belajar soal tehnik membuat hasta karya. Plus, kamu bisa juga membawa pulang hasil karya seni buatanmu.
Asik juga kalau kamu bisa menambah hobby disini. Ada berbagai kelas seperti membuat clay, menjahit, menghias gelas, dan juga kelas memasak!

 

Crayon’s Craft & Co
Alamat : Jl. Aceh No. 15, Kebon Sirih Bandung 40115.  
No tlp : +62 22 4201043, +62 22 4206112  
Jam operasional : Pk. 09.00 – Pk. 17.00

20) Sains yang dibuat menyenangkan: Bandung Science Centre
Bandung Science Centre terletak di Jl. Sirnagalih, hanya beberapa menit dari pusat kota menuju arah utara.
Bandung Science Centre hadir dengan 17 tema display berbeda yang masing-masing memiliki atraksi interaktif seperti mesin Van De Graff yang ada di film Mr. Bean. Bandung Science Centre akan membuat anak-anak tertarik pastinya!
Tema display disana termasuk koridor yang menyerupai galaxy, robot, ilusi optic dan laser – pasti akan menarik perhatian anak-anak setidaknya beberapa jam.



Bandung Science Centre hanya berjarak 5 menit dari Jl. Sukajadi, bisa juga menjadi tempat persitirahatan kalau kamu mau ke Lembang dan terkena macet di sekitar situ.

Bandung Science Centre
Tiket masuk : Rp. 45.000  
Alamat : Jl. Sirnagalih no 15 Bandung, Jawa Barat 40161 
No Tlp : +62 22 2060415  
Jam Operasional : Pk. 08.00 – Pk. 17.00

21) Bermain Batik-batikan di Rumah Batik Komar
Batik bisa dibilang adalah salah satu bagian penting dari identitas bangsa Indonesia, dan kami yakin kamu pasti sudah banyak tahu tentang cerita di balik pembuatan batik itu sendiri.



Waktu-waktu yang dihabiskan untuk membuat pola batik membuat batik itu bisa dijual dengan harga yang cukup tinggi.
Di Rumah Batik Komar, kamu dapat mengamati banyak pola batik yang berbeda satu sama lain, juga material dan metode pembuatannya. Kamu juga bisa belajar tentang filosofi dari setiap pola batik.
Kamu juga bisa ikut workshop pembuatan Batik disini. Paket yang disediakan ada berbagai macam : dari yang satu kali datang, sampai paket 8 jam dalam 3 hari untuk kamu yang ingin belajar lebih serius.




Selain belajar mengenai kebudayaan, belajar batik adalah aktivitas yang menyenangkan untuk dikerjakan bersama seluruh keluarga, apalagi kalau kamu bisa memakai batik yang kamu gambar sendiri!

Rumah Batik Komar
Tiket masuk : Rp. 20.000  
Paket workshop : Rp. 100.000  
Alamat : Jalan Sumbawa No 22 Bandung 40113  
No tlp : +62 22 4237688

22) Ikut serta dalam orkestra tradisional : Saung Angklung Udjo
Disebut sebagai ‘one stop workshop kebudayaan’, Saung Angklung Udjo adalah tempat paling tepat untuk mengajak keluarga mengenal kebudayaan Sunda.
Cobalah datang untuk melihat pertunjukkan Tari Jaipong dan Kuda Lumping yang disertai dengan instrument tradisional berupa Angklung, Degung, dan Suling.



(Ini bocoran ya : di ujung pertunjukkan, penonton akan diajak untuk bergabung dengan para penampil untuk menari dan bermain instrument juga. Cara yang asik untuk mengakhiri pertunjukkan)
Saung Angklung Udjo juga mempunyai workshop yang terbuka untuk umum. Angklung adalah instrument unik yang berasal dari Jawa barat, dibuat dari tabung bamboo yang dibentuk desemikian rupa sehingga dapat menghasilkan nada-nada musik Sunda, yaitu Do Re Mi khas Jawa Barat.


Saung angklung Udjo adalah sebuah yayasan yang dimulai oleh Udjo Ngalegana pada tahun 1966 sebagai baktinya terhadap komunitas, di tengah perjalanannya, Saung Udjo banyak membantu proses edukasi anak-anak yang tinggal di daerah situ.

Saung Angklung Udjo
Tiket masuk : Rp. 100.000 
Alamat : Jl. Padasuka No 118, Bandung, Jawa Barat 40192  
No Tlp : +62 22 7271714  
Jam operasional : Pk. 07.00 – Pk. 17.30

Sumber : https://indonesia.tripcanvas.co/id/bandung/tempat-wisata-anak/