Rabu, 08 Februari 2017

14 hotel tengah hutan di Bandung yang cocok untuk kabur dari bisingnya kota

Rasanya tak ada tempat yang paling pas untuk membebaskan diri dari kemacetan dan gedung-gedung bertingkat selain kabur ke hutan betulan.

Entah untuk weekend getaway yang singkat, atau liburan yang lumayan lama, Anda akan menemukan suasana tenang yang selama ini dicari di beberapa tempat menginap yang akan kami bahas di bawah ini.

Di tempat-tempat ini Anda akan mendapatkan suasana santai sambil memulihkan kembali energi yang selama ini habis hanya untuk bekerja.

Note: Harga di bawah adalah harga saat low season, sebelum service charge dan pajak. Harga hotel sering kali berubah tergantung high/low season dan ketersediaan kamar. Kami menyarankan Anda untuk memeriksa kembali harga final sebelum mengonfirmasi pesanan.

1. Camping dengan fasilitas lengkap: Trizara Resorts

Satu tempat yang bisa mengakomodasi keperluan Anda untuk berlibur bersama keluarga besar maupun untuk romantic weekend getaway bersama pasangan adalah Trizara Resorts.


Photo via i_pratita, kanialaras

Tempat yang tergolong baru ini berada di kawasan sejuk Lembang, Bandung. Lokasinya pun tak terlalu susah dijangkau dari pusat kota, hanya sekitar 45 menit berkendara dari Bandung.


Photo via vettykharisma

Menginap di tenda-tenda mewah memang sedang naik daun belakangan ini. Anda bisa mengajak anak-anak merasakan betapa serunya camping di area terbuka tanpa perlu repot mendirikan tenda sendiri. Fasilitasnya juga lengkap,  dari tempat tidur yang nyaman sampai kamar mandi yang bersih dan memadai.


Photo via mayalwines, moulyacempaka

Semua anak pasti senang berenang, atau setidaknya bermain air. Untungnya, di Trizara Resort juga terdapat kolam renang di mana Anda sekeluarga bisa bermain air sepuasnya di alam terbuka yang indah. Waktu terbaik untuk berenang di sini adalah pagi atau siang hari, karena suhu di malam hari sangat rendah.


Photo via journeyofmylife_

Selain kamar unik berupa tenda-tenda, di Trizara Resort Anda juga bisa mengajak anak-anak menyaksikan matahari terbit, berkumpul sambil bernyanyi-nyanyi di sekeliling api unggun, piknik di taman yang luas, sampai bermeditasi dan yoga di tengah sejuknya udara Lembang.


Photo via runnyrudiyanti

Kalau ingin tetap fit saat liburan, tersedia pula beberapa fasilitas olahraga, seperti sepeda, area panahan, dan lain-lain.


Photo via itsazizbah, muhkur

Trizara Resort

Harga mulai dari Rp977.000,- per malam

Lokasi: Jl. Pasirwangi Wetan, Lembang, Kabupaten Bandung
Telepon: 0858 7169 8923
Website

Cek Harga di Agoda Cek Harga di Booking.com

2. Udara yang sejuk, air yang jernih dan pemandangan asri: Vila Air Natural Resort

Dengan pepohonan hijau yang rimbun, suhu udara yang begitu sejuk, serta air yang mengalir jernih, Vila Air menghadirkan semua elemen terbaik dari alam.


Photo via: Herlina Surya


Walaupun Vila Air terletak tak jauh dari Lembang yang jadi destinasi favorit para wisatawan saat akhir pekan, namun Anda tak perlu pusing, karena bila menginap di sini Anda sudah tak perlu pergi ke mana-mana lagi.

Photo via rafikausha

Di kompleks vila ini tersedia berbagai fasilitas penunjang dan rekreasi yang cukup. Apalagi kalau tujuan Anda hanya ingin bersantai.

Photo via listyan


Photo via sisadoe

Interiornya yang bergaya tradisional sangat sempurna untuk dipakai bersantai. Di sini Anda dapat memainkan beberapa permainan yang khusus tersedia bagi para tamu.



Photo via: Ade D Hermawan

Vila Air Natural Resort

Harga mulai dari Rp2.025.000,- per malam (vila dengan 3 kamar)

Lokasi: Jl. Kolonel Masturi KM 9, Cisarua, Lembang, Bandung
Telepon: 022-9191 0668 / 9116 1668
Website

Cek Harga di Agoda

3. Glamping bersama keluarga di lembah hutan pinus: Legok Kondang Lodge

Cara paling efektif untuk mengajak anak agar lebih mencintai alam adalah dengan berkemah. Tenang, kemah yang satu ini tidak merepotkan kok, karena di Legok Kondang Lodge, Anda dan keluarga dapat merasakan suasana berkemah di tengah alam bebas, namun tetap dalam kenyamanan fasilitas ala hotel berbintang.

3-1-legok-kondang-via-nana_soegito
Photo via nana soegito

Karena konsepnya glamping alias “glamour camping”, jangan heran kalau di dalam tenda-tenda ini Anda akan menemukan bantal dan kasur empuk, selimut tebal, televisi, sampai kamar mandi!

3-2-hammock-collage-via-graceasn
Photo via graceasn

Tapi sayang kan kalau hanya liburan hanya berdiam diri di dalam tenda? Anak-anak dapat melakukan berbagai aktivitas seru yang akan membuat mereka lebih dekat lagi dengan alam sekitar, seperti menangkap ikan dengan tangan atau memberi makan kelinci dan rusa.

3-3-animals-via-panenco
Photo via panenco

Sedangkan orang dewasa bisa menghabiskan waktu dengan kegiatan-kegiatan memicu adrenalin di alam terbuka, dari trekking, arung jeram, sampai paintball. Dan di malam hari, semua bisa berkumpul bersama mengelilingi api unggun sambil menikmati sajian barbecue yang lezat!

3-4-activities-via-lizzyrizky
Photo via lizzyrizky

Dengan suhu rata-rata antara 15° C hingga 20° C, Glamping Legok Kondang berlokasi 700 meter dari pemukiman dan memiliki 20 tenda penginapan. Ragam tipe tenda yang dapat dipilih antara lain Standard Tent, Deluxe Tent, Family Tent, Luxury Tent, dan Suites Tent.

3-5-legok-kondang-luxury-tent-collage
Legok Kondang Lodge

Standard Tent mulai dari Rp1.165.500,- per malam, maksimal 4 orang

Lokasi: Jl. Raya Ciwidey – Patenggang KM. 39, Ciwidey, Kabupaten Bandung
Telepon: 0857 9555 5666

Website

4. Kenyamanan yang menyatu dengan alam: Green Forest

Mengusung konsep desain ‘Go Green’, Green Forest menawarkan rasa damai di tengah alam. Anda akan merasa begitu menyatu dengan alam di sini. Bagian interiornya didominasi oleh unsur kayu, sedangkan area outdoor dikelilingi oleh pepohonan rimbun. Kurang apa lagi coba?


Photo via: Ismie Shaumi Ratna Arum, VNChar



Nyanyian burung dan suara air sungai mengalir akan menyambut Anda ketika bangun dari tidur. Sungguh tempat yang tepat untuk berlibur menghabiskan waktu besama keluarga atau liburan romantis bersama pasangan.


Photo via: @tesyasblog


Photo via: @tesyasblog

Jangan lupa untuk mencoba melintasi Jembatan Goyang serta mengunjungi wedding hall mereka yang berbentuk unik ketika menginap di sini.


Photo via: silvisilsilvi

Green Forest

Harga mulai dari Rp931.500,- per malam

Lokasi: Jl. Sersan Bajuri No. 102, Cihideung, Bandung
Telepon: 022-278 7939
Website

Cek Harga di Agoda Cek Harga di Booking.com

5. Makan di atas kapal pinisi dan jalan-jalan di kebun teh: Glamping Lakeside Rancabali

Namanya anak-anak, pasti akan senang sekali kalau diajak bertualang di atas kapal layar. Tak perlu jauh-jauh mengarungi laut, terinspirasi dari kapal tradisional milik nenek moyang kita, Pinisi Resto yang terletak di kawasan Bandung Selatan ini menawarkan sensasi yang tak kalah asyiknya!

4-1-glamping-lakeside-collage4-2-glamping-lakeside-9

Pinisi Resto terdiri dari 2 lantai yang terbagi dalam bagian indoor dan outdoor. Lokasi favorit sudah pasti ada di area dek outdoor, karena dari sini Anda bisa menikmati keindahan panorama hamparan kebun teh serta Danau Situ Patenggang yang menyejukkan. Anak-anak pun bisa beraksi bak bajak laut di sini!

4-3-Glamping-Lakeside---Pinisi-Resto3-by-Gun-Firdaus
Photo by Gun Firdaus

4-4-glamping-lakeside-2

Tempat makan ini ada di kawasan yang sama dengan penginapan baru yang sedang hits di Bandung, yaitu Glamping Lakeside Rancabali. Di sini Anda bisa menginap di tenda-tenda mewah berfasilitas lengkap yang semuanya berada di tepi Situ Patenggang yang jernih dan memesona. Bayangkan bangun tidur di pagi hari disambut udara sejuk dan segar serta view spektakuler!

4-5-Glamping-Lakeside---Exterior2-by-Gun-Firdaus
Photo by Gun Firdaus

4-6-glamping-lakeside-room

Asyiknya lagi, khusus untuk tamu yang menginap di tenda ini bebas  jalan-jalan sepuasnya di kebun teh alias “Tea Walk”. Sedangkan aktivitas lain, seperti paintball, rafting, wisata ke Kawah Putih, off-road, fun games dan lainnya dikenai biaya tambahan yang cukup terjangkau.

4-7-Glamping-Lakeside---Tea-Walk-by-Gun-Firdaus---Image-4
Photo by Gun Firdaus
Glamping Lakeside Rancabali

Tent Resort Rp1.800.000,- per malam, untuk 4 orang 

Lokasi: Situ Patenggang, Kawasan Rancabali, Ciwidey, Kabupaten Bandung
Cara ke Sana: Lokasinya tepat berada di sekitar Situ Patenggang yang jaraknya tidak kurang sejauh 35Km dari arah Kota Bandung. Patokannya setelah perkebunan Rancabali adalah berada di sebelah kanan jalan. Dari arah Bandung atau Jakarta, ambil pintu keluar Tol Kopo lalu ikuti rute Katapang – Soreang – Ciwidey – Rancabali – Situ Patenggang – Glamping Lakeside. Koordinat di sini.
Telepon: 0821 8002 8888 | 0812 2161 8888.

6. Bertualang di siang hari, beromantis ria di malam hari: Kastuba Resort

Kastuba adalah tempat paling tepat untuk ‘melarikan diri’ dari kebisingan dan polusi kota besar. Sebuah tempat peristirahatan yang sepi, di mana Anda tak akan terganggu oleh kemacetan, namun justru malah dapat menikmati pemandangan yang menyejukkan langsung dari jendela kamar.


Photo via: rinnasuri


Photo via: Rinnasuri

Di siang hari, Anda dapat bertualang dengan mengikuti berbagai aktivitas outdoor, lalu lanjut menghabiskan waktu berdua pasangan begitu malam tiba, sambil menghangatkan tubuh di depan perapian (tersedia di semua vila).



Photo via: @tesyasblog

Kalau ingin membuat si dia terpesona, pesanlah sesi makan malam romantis di area outdoor mereka.


Photo via: nuraina

Kastuba Resort

Harga mulai Rp1.039.500,- per malam

Lokasi: Jl. Bukit Maribaya, Kp. Sindangwangi, Desa Mekarwangi, Lembang, Bandung Barat
Kontak: reservation@kastubaresort.com

Cek Harga di Agoda Cek Harga di Booking.com

7. Berbaring di tengah keindahan pegunungan: Sangria Resort & Spa (Harga mulai dari Rp780.000,-)

Di kawasan Bandung Utara menuju Lembang, Anda akan menemukan tempat beristirahat yang romantis ini di sisi sebuah tebing, dengan pemandangan yang sungguh indah dari setiap balkon kamarnya.

Anda harus coba menyesap martini dari sisi kolam sambil menikmati rimbunnya pepohonan di hutan yang terbentang di depan mata.

Oh, Anda juga bisa berendam di kolam air panasnya saat udara mulai dingin.

Kalau ingin lebih dekat lagi dengan alam, mintalah resepsionis untuk mengatur hiking trail di dekat-dekat situ.

Resort ini juga menawarkan layanan pijat untuk membantu Anda relaks setelah sepanjang hari menyusuri hutan. Tempat spa-nya mungkin adalah tempat terbaik di seluruh Bandung, dengan jendela besar yang membuat Anda masih bisa menikmati hijaunya pepohonan sambil menikmati pijatan lembut si terapis.

Photo via: resnadia

Berlokasi di Lembang, resort ini hanya 5 menit berkendara dari banyak tempat wisata: De’Ranch, kebun stroberi di mana Anda bisa memetik sendiri stroberinya, serta observatorium Bosscha.

Dan jangan khawatir soal makanan, di daerah sana banyak sekali kafé dan restoran tempat Anda bisa mendapatkan foto-foto yang asik karena terletak di bibir lembah.


Photo via: Angel Mitsy

Sangria Resort & Spa

Harga mulai Rp780.000,- per kamar per malam

Lokasi: Jl. Hortikultura, Lembang, Bandung
Telepon: 022-2788777
Website

Cek Harga di Agoda Cek Harga di Booking.com

8. Memetik stroberi yang tumbuh di pekarangan: Saung Gawir

Mencari petualangan yang unik di tengah jejeran saung-saung tradisional?

Photo via: Saung Gawir, Liusi Wijaya, Tsonze

Pondok-pondok yang tersedia di Saung Gawir memiliki dinding yang terbuat dari anyaman bambu dan atap ilalang. Sangat tradisional!

Dan Anda pun bisa ikut memetik buah stroberi di pertanian yang ada di sekitarnya!

Photo via: Azizimohdsunip, Titis Ade Salihat

Setiap pondok dapat menampung hingga 6 orang sekaligus.


Saung Gawir

Harga mulai dari Rp607.500,- per malam

Lokasi: Jalan Raya Ciwidey – Rancabali KM 05, Alam Endah Ciwidey, Bandung
Telepon: 0812 2113 3664

Cek Harga di Agoda

9. Kemewahan di tengah hutan tak jauh dari pusat kota: Padma Hotel Bandung

Anda tak perlu pergi jauh-jauh dari pusat kota kalau ingin merasakan menginap di tengah hutan. Hotel yang mewah dan elegan ini menawarkan semua yang Anda inginkan: Suasana tenang namun lokasinya cukup strategis sehingga Anda dapat dengan mudah jalan-jalan ke mal, nongkrong café, atau bahkan nonton ke bioskop.


Padma Hotel begitu menyatu dengan alam lengkap dengan pemandangan bukit dan lembah yang spektakuler. Anda juga dapat trekking menyusuri hutan, atau kalau ingin menguji adrenalin, sekalian mencoba berjalan di atas tali. Pasti seru!


Agar pengalaman penuh ketenangan dan kedamaian ini kian lengkap, bergabunglah dengan kelas yoga di alam terbuka untuk mendapatkan inner peace.


Padma Hotel Bandung

Harga mulai dari Rp1.323.000,- per malam

Lokasi: Jl. Rancabentang No. 56-58, Ciumbuleuit, Bandung
Telepon : 022-203 0333
Website

Cek Harga di Agoda Cek Harga di Booking.com

10. Menyaksikan panorama pegunungan dari teras kamar: Patuha Resort

Berlokasi di kaki Gunung Patuha, tentu saja Anda akan memperoleh udara yang sejuk, air yang segar, serta pemandangan yang sangat indah saat menginap di Patuha Resort.

Dan tak jauh dari situ terdapat obyek wisata terkenal Kawah Putih, yang bisa dicapai hanya dengan berjalan kaki. Tinggal menyeberang saja dari kawasan resort!

Cobalah berendam di kolam air panas alami yang ada di sini untuk meregangkan otot dan memulihkan energi.

Untuk menuju ke sini Anda hanya perlu berkendara selama satu jam dari pusat kota Bandung. Setelah puas membenamkan diri di tengah kecantikan alam, Anda pun bisa kembali pulang dengan perasaan segar.

Patuha Resort

Harga mulai dari Rp540.000,- per malam

Lokasi: Jl. Raya Ciwidey – Patengan KM 8, Desa Alam Endah, Ciwidey, Bandung.

Cek Harga di Agoda

11. Tempat persembunyian yang sempurna: Cikole Jayagiri Resort

Kalau Anda berencana liburan bersama keluarga, Cikole Jayagiri Resort adalah tempat yang sangat ideal. Terletak di antara pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi, di sana Anda dan keluarga dapat menghabiskan waktu dan kian mengakrabkan diri.



Photo via: bookingbandunghotels

Anda juga dapat mengadakan pesta barbecue di area halaman atau menyalakan api unggun untuk menghangatkan diri – karena suhu udara pegunungan di sana (di ketinggian 1500m di atas permukaan laut) amatlah dingin.


Photo via: Rangga Anugrah Prakesa

Karena dinaungi dan disokong oleh Perum Perhutani, maka area tempat wisata ini sangat dipelihara dan dijaga keasriannya.



Cikole Jayagiri Resort

Harga mulai Rp418.500,- per malam

Lokasi: Jl. Raya Tangkuban Perahu 147, Cikole, Lembang, Bandung Barat
Telepon: 022-8278 0512/13
Website

Cek Harga di Agoda

12. Liburan sambil berolahraga: Bandung Giri Gahana Golf & Resort

Lepaskan stres yang melanda dengan menginap sekaligus berolahraga di resort luas yang dilengkapi lapangan golf ini. Para pecinta golf akan benar-benar merasa dimanjakan karena kondisi rumput di lapangan golf ini benar-benar sempurna!


Photo via: Marcello Gunadirdja

Bahkan jika Anda tak bermain golf pun, pemandangan lapangan hijau yang membentang di Bandung Giri Gahana ini akan sangat menyejukkan mata. Anda dapat tiduran santai di kamar sambil menyaksikan pemandangan serba hijau, sedap bukan?


Photo via: Travelharmoni

Resort ini juga sempurna untuk para penggemar olahraga, atau mereka yang ingin meregangkan otot dan tulang akibat kelelahan bekerja, karena di sini juga tersedia fasilitas pusat kebugaran dan lapangan tenis.


Photo via: Anibaeksj, ahn syong


Photo via: Detri Man

Bandung Giri Gahana Golf & Resort

Harga mulai dari Rp823.500,- per malam

Lokasi: Jalan Raya Jatinangor, KM 20 Bandung 45363
Telepon: 022-779 8401
Website

Cek Harga di Agoda Cek Harga di Booking.com

13. Menikmati gaya hidup khas pedesaan: Sapulidi Resort

Mumpung lagi di Bandung, cobalah merasakan kehidupan sehari-hari masyarakat Sunda. Di tempat yang luas ini terdapat 23 vila yang dinamai dari istilah-istilah Bahasa Sunda: Euis, Putri No’ong, Tikunclum, Kongkorongok, Congklak. Pilihlah mana yang Anda suka.



Sapulidi menampilkan semua elemen alam yang dipadukan dengan eksterior dan interior tradisional di setiap vilanya. Dijamin, Anda akan puas meskipun hanya bersantai di teras vila.


Dan kalau tertarik, Anda dapat mengitari danau yang asri sambil memberi makan ikan.


Sapulidi Resort

Harga mulai Rp931.500,- per malam

Lokasi: Jl. Sersan Bajuri, Kompleks Graha Puspa, Cihideung, Lembang, Bandung
Telepon: 022-278 6461
Website

Cek Harga di Agoda Cek Harga di Booking.com

14. Suasana perkampungan di tengah alam: Kampung Pa’Go

Anda tahu kan kalau Bandung memiliki banyak atraksi alam menarik? Pasti akan jauh lebih istimewa lagi kalau liburan Anda kali ini dihabiskan ditengah-tengah alam bebas.


Photo via: Ciwidey Discovery


Photo via: Ciwidey Discovery

Nah, di Kampung Pa’Go yang berlokasi di area Bandung Selatan, Anda dapat dengan mudah mengunjungi obyek wisata alam yang ada di sekitarnya, seperti Kawah Putih, Ciwalini, Situ Patenggang dan banyak lagi.


Photo via: alinezeence

Di sini, Anda akan dimanjakan oleh pemandangan pepohonan yang rindang, udara yang segar, serta panorama pegunungan yang begitu cantik. Anda juga dapat memetik buah-buahan langsung dari kebun, lho!

Jika menginap di sini bersama teman dan keluarga, pastikan Anda sempatkan diri untuk bermain sepak bola mini untuk mengendorkan otot-otot tegang akibat bekerja, sekalian memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk berlarian ke sana ke mari. Mereka pasti suka.

Kampung Pa’Go

Harga mulai dari Rp351.000,- per malam

Lokasi: Jl. Raya Soreang – Ciwidey KM 25, Soreang, Bandung
Telepon: 022-8592 0696 / 9263 0996
Website

Cek Harga di Agoda

Special Mention: Serunya bermain-main dengan kelinci: Novus Puncak

Kalau Anda sudah merencanakan liburan ke Bandung dan ingin menghindari jalan tol yang panjang dan membosankan, bagaimana kalau ke sana lewat Puncak?


Memang sih perjalanan jadi sedikit lebih lama, tapi sebanding dengan pemandangan yang bisa dilihat di kanan-kiri. Anda bahkan dapat mampir dulu di tengah perjalanan untuk menginap.


Novus Puncak berlokasi di kawasan Cipanas yang terkenal dengan pemandangan pegunungan yang indah dan udaranya yang sejuk. Sangat pas untuk tempat bersantai dan memulihkan energi.


Anak-anak juga pasti akan menikmati waktu di sini, karena mereka menyediakan fasilitas Kids Club yang bisa mereka gunakan, sementara Anda asyik bersantai di kolam renang.


Jangan lupa sempatkan untuk singgah ke peternakan kelinci bersama anak-anak. Di sini Anda bisa memberi makan dan bermain bersama kelinci-kelinci yang menggemaskan.


Photo via: novushotels

Novus Puncak

Harga mulai Rp931.500,- per malam

Lokasi: Jl. Sindanglaya Raya No 180, Cipanas, Jawa Barat 43253
Telepon: 0263-511 511
Website

Cek Harga di Agoda Cek Harga di Booking.com
 
Sumber : https://indonesia.tripcanvas.co/id/bandung/hotel-di-tengah-hutan/

Tidak ada komentar: