Senin, 27 Mei 2013

Kunjungan ke Museum Nasional


Kunjungan saya dan beberapa teman dilanjutkan ke Museum Nasional atau Museum Gajah.
Museum Nasional ini merupakan museum terbesar di Indonesia. Disebut juga Museum Gajah dikarenakan di halaman depan Museum Nasional ini terdapat sebuah patung gajah yang merupakan hadiah dari Kerajaan Siam Thailand. Harga tiket masuk Rp. 5.000,- untuk dewasa dan Rp. 2.000 untuk anak-anak. Sedangkan untuk rombongan minimal 20 orang, harga tiket masuk adalah Rp. 3.000,- untuk dewasa dan Rp. 1.000 untuk anak-anak.
Di Museum Nasional ini terdapat 2 gedung yang terdiri dari Gedung Gajah dan Gedung Arca yang kemudian dibagi menjadi beberapa ruangan, yaitu :
1. Gedung Gajah terdapat : ruang koleksi sejarah, ruang etnografi, ruang geografi, ruang prasejarah, ruang arkeologi dan ruang numismatik
2. Gedung Arca terdapat :
Lantai 1 : manusia dan lingkungan
Lantai 2 : ilmu pengetahuan, ekonomi dan teknologi
Lantai 3 : organisasi sosial dan pola pemukiman
Lantai 4 : koleksi emas dan keramik asing
Terdapat juga ruangan lain, yaitu : ruang kaca, ruang pameran temporer, ruang tekstil, ruang keramik, ruang gamelan dan ruang ASEAN.

Amat sangat disayangkan dengan harga tiket masuk yang murah sekali, kok pada males kunjungin museum ya?? Tadi saya dateng ke dua tempat museum tapi sepi-sepi aja. Padahal kalo ke tempat wisata lain yang harga tiket masuknya ratusan ribu tempat tersebut ramai sekali.
Banyak loch ilmu dan pengetahuan yang kita dapat setelah berkunjung ke museum, supaya anak cucu kita mengerti akan sejarah dan lebih mengenal budaya Indonesia.

Tidak ada komentar: