Senin, 27 Mei 2013

Kunjungan ke Istana Negara


Pada hari Sabtu tanggal 21 April 2012, saya dan beberapa teman dari milis dan salah satu komunitas di jakarta mengunjungi Istana Negara dan 2 museum, yaitu Museum Prasasti dan Museum Nasional (Museum Gajah)
Pukul 09.00 WIB kami semua sudah berkumpul di Kantor Sekretariat Negara dan kami mulai masuk ke Istana Negara pukul 11.00 WIB. Cukup lama dan ramai juga yang mengunjungi Istana Negara hari ini.
Dengan menggunakan bis sekretariat negara, kami diantar menuju Istana Negara. Namun sebelumnya kami masuk di ruang serbaguna untuk menyaksikan film dokumenter tentang berdiri-nya Istana Negara dan sejarah Indonesia yang berdurasi sekitar 13 menit.
Setelah menyaksikan film dokumenter, dengan dipandu oleh seorang pemandu dari pihak sekretariat negara, kami mulai masuk ke halaman Istana Negara. Adapun halaman tersebut adalah tempat diselenggarakannya upacara penaikan dan penurunan bendera pada 17 Agustus setiap tahunnya.
Ada sedikit penjelasan dari pemandu tersebut dan kemudian kami foto bersama di tangga masuk Istana, dimana tangga tersebut yang biasa digunakan untuk foto bersama presiden dan beberapa menteri.
Tiang bendera di Istana Negara itu adalah setinggi 17 meter, yang melambangkan tanggal kemerdekaan Indonesia, kemudian ada kolam air mancur dimana di kolam tersebut ada 8 buah lubang air mancur disebelah dalam dan 45 buah lubang air mancur disebelah luar, yang keduanya melambangkan bulan dan tahun kemerdekaan RI.
Mulai masuk ruangan utama dan diruang tersebut terdapat 8 ruangan lain yang terdiri dari ruang tamu kenegaraan, ruang tamu ibu negara, ruang penyimpanan bendera pusaka, ruang kerja presiden, ruang rapat kabinet, ruang kediaman presiden, ruang keluarga dan ruang staf presiden.
Di tempat tersebut dipajang beberapa foto hasil jepretan dari Ibu Ani Yudhoyono dan banyak lukisan serta benda bersejarah lainnya.
Dari situ, kami menuju ke halaman tengah dimana halaman tersebut digunakan untuk acara makan malam pada malam 17 agustus atau pelepasan atlet Indonesia yang akan mengikuti beberapa pertandingan ke negara lain, dan juga halaman tersebut kadang-kadang digunakan pula untuk presiden bermain golf apabila presiden tidak sempat bermain golf di luar istana.
Di dekat halaman tersebut terdapat gazebo yang biasa digunakan untuk coffee morning ataupun konferensi pers.
Ada koridor dekat halaman itu yang memuat foto-foto kegiatan presiden, wakil presiden dan para menteri dari masing-masing kementerian.
Kunjungan pun selesai dan dilanjutkan ke Museum Prasasti.
Review-nya di posting berikutnya.

Tidak ada komentar: