Rabu, 02 Oktober 2013

Trip to Bangkok and Pattaya

Thailand adalah sebuah negeri yang mempesona, dengan kuil-kuil Budha, alam margasatwa yang eksotik serta pulau-pulau yang spektakuler. Selain sejarahnya yang memikat dan budaya unik, juga seni pijat yang khas, Thailand memiliki ibukota yang modern, alam pedesaan yang cantik dan masyarakat yang ramah sebagai perwujudan dari reputasinya "Negeri Penuh Senyum"
Nama asli Bangkok dalam bahasa Thai adalah "Krung Thep mahanakhon bovorn ratanakosin mahintharayutthaya mahadilok pop noparatratchathani burirom udomratchanivetmahasathan amornpiman avatarnsathit sakkathattiyavisnukarmprasit" di singkat "Krung Thep" atau "Kota Malaikat" sebagai ibukota Thailand dengan nama terpanjang di dunia, merupakan salah satu tujuan wisata dunia.
Di kota ini banyak tempat-tempat yang menarik, salah satunya yang menjadi daya tarik adalah temple (wat). Wat-wat di Bangkok ini sekilas mirip satu dengan yang lainnya, dimana mayoritas berwarna keemasan dengan bangunan-bangunan atapnya terdapat hiasan-hiasan, menjulang tinggi, melengkung dan semuanya berbentuk sangat khas dengan gunungan meruncing serta sangat kaya akan ukiran dan ornamen menarik di semua bagian.
Beberapa wat yang sering dikunjungi para turis, diantaranya :
1. Wat Pho (Sleeping Buddha)
Yaitu patung Budha tidur yang merupakan wat/temple tertua dan terbesar di Bangkok, di bangun pada tahun 1668. Disekeliling Wat Pho terdapat banyak candi atau pagoda. Ketika memasuki tempat ini, pengunjung diwajibkan menggunakan pakaian yang sopan dan juga harus melepaskan alas kaki untuk bisa masuk kedalamnya. Patung ini berukuran raksasa dengan panjang 46 meter dan tinggi 15 meter, seluruh bagian luar dari tubuhnya dilapisi emas murni.

2. Wat Arun
Adalah kuil Budha yang sudah berusia sekitar 200 tahun. Kuil ini berdiri di tepi sungai Chao Phraya dan merupakan landmark atau ciri khas dari kota Bangkok. Hampir semua bagian dari bangunan ini dilapisi potongan keramik berwarna warni dengan bahan baku diambil dari sungai Chao Phraya. Wat Arun menjulang dan megah dengan tinggi sekitar 70 meter dikelilingi empat pagoda.

3. Grand Palace
Grand Palace atau Istana Raja ini berada di jantung kota Bangkok yang di bangun pada tahun 1782 dan selama 150 tahun merupakan rumah Raja Thailand.
Grand Palace adalah bangunan besar dan anggun dengan arsitektur yang indah dan detailnya yang rumit, memberi kesan rasa hormat dan bangga dari kreativitas orang Thailand. Grand Palace ini menjadi pusat spiritual dari kerajaan Thailand hingga saat ini.

Selain kuil-kuil, yang wajib di kunjungi saat di Bangkok adalah Chatuchak Market yang buka pada sabtu dan minggu, terletak di pinggir kota Bangkok. Pasar ini merupakan pasar terbesar di dunia dengan ribuan kios yang tersebar dalam area yang sangat luas. Yang luasnya pasar ini lebih kurang 9 hektar dan dikunjungi gak kurang dari 200.000 orang pengunjung setiap harinya di akhir pekan. Saking luasnya, ada peta khusus untuk memudahkan pengunjung menjelajah tiap area yang terbagi dalam 27 bagian dengan klasifikasi barang yang dijual. Tempat ini sayang sekali untuk dilewatkan oleh para turis.
Cara mengakses Chatuchak Market ini dengan menggunakan Bangkok Sky Train dari Stasiun Mo Chit.
Di sebelah Chatuchak Market ini terdapat JJ Mall yang ber-AC, jadi bisa jalan-jalan, belanja, minum kopi dan melepas kepenatan dengan "foot massage" yang bertebaran di tempat ini dengan tarif THB 250 untuk pijat kaki selama 1 jam dan THB 450 untuk pijat kaki dan badan selama 2 jam. Memang benar-benar nikmat pijatan ala Thai ini. Kalo sudah mampir ke Chatuchak Market, boleh juga mampir ke Otokar Market, pasar buah terbesar di Bangkok yang menjual buah lokal dan berbagai hasil olahannya.
Tempat belanja lain di Bangkok adalah The Platinum Fashion Mall. Mall yang terdiri dari 5 lantai ini menjadi tempat yang ramai dikunjungi turis pecinta fashion. Di mall ini dijual pakaian, asesoris, tas dan juga sepatu. Mall ini berada di daerah Pratunam dan di sekitarnya terdapat dagangan makanan khas Thailand. Hampir semua barang yang di jual di Mall ini, di jual dengan harga grosir. Belanja di tempat ini, jangan segan-segan untuk menawar dengan harga yang masih masuk akal.
Selain The Platinum Fashion Mall, ada juga MBK Center atau singkatan dari Mah Boon Krong Center. Tempat belanja ini sudah ada sejak 25 Juli 1974 dengan nama awal Mah Boon Krong Drying, lalu berganti nama menjadi Mah Boon Krong Shopping Center pada 07 Februari 1985.
MBK Center ini banyak menjual produk seperti tas, pakaian dan aneka asesoris lucu khas Thailand yang bisa di dapat pada lantai 8 mall ini. Walaupun namanya mall, belanja disini masih bisa tawar menawar harga.

Pilihan transportasi di Bangkok ada beberapa, seperti : taxi, bis, tuk-tuk, boat untuk melintasi sungai, sampai kereta massal yang disebut BTS Sky Train dan MRT. BTS Sky Train adalah jalur kereta yang di bangun di atas jalan raya, sedangkan MRT atau subway Bangkok beroperasi di bawah tanah.

Berkunjung ke Bangkok sepertinya kurang lengkap kalau gak sekalian ke Pattaya. Jarak Pattaya-Bangkok sekitar 165 KM arah tenggara Kota Bangkok dengan jarak tempuh lebih kurang 2.5 jam perjalanan dengan transportasi darat.
Daya tarik di Pattaya adalah cabaret show, yang menyuguhkan pertunjukan tari yang dilakukan oleh para penari waria atau sering disebut lady-boys. Salah satu tempat pertunjukan cabaret show ini
adalah di Alcazar Show dengan pilihan jadwal pertunjukan sebanyak 3 kali dalam sehari setiap malam, yaitu jam 18.30, jam 20.00 dan jam 21.30 dengan cukup membayar sekitar THB 700 per orang. Di dalam, kita tidak diperkenankan untuk mengambil foto ataupun membuat video dari show tersebut. Setelah pertunjukan selesai, pengunjung boleh berfoto bersama para lady-boys tersebut dengan memberikan tips minimal THB 100 per orang untuk sekali foto menggunakan kamera sendiri. Sungguh cantik - cantik par Lady-boys itu, bahkan bisa mengalahkan para wanita tulen dan juga kulit mereka bersih-bersih dan mulus.
Selain cabaret show, Pattaya juga memiliki beberapa tempat yang wajib dikunjungi, seperti Nongnoch Village yang merupakan sebuah taman tropikal dengan luas 600 hektar yang mengisi ribuan koleksi tanaman yang indah, dan kebun anggrek, juga bisa digunakan sebagai lokasi pemotretan karena taman ini di tata dengan sangat indah dan bagus.
Di Nongnoch Village ini, kita dapat menyaksikan pertunjukan seni khas Thailand seperti tarian tradisional dan Thai Boxing serta pertunjukan gajah, buaya, harimau dan lain sebagainya.
Di perjalanan antara Pattaya-Bangkok, kita bisa mampir ke peternakan lebah madu dan juga toko perhiasan terbesar di Thailand, yaitu Gems Gallery.
Gems Gallery memiliki 4 cabang di kota-kota besar di Thailand, yaitu : Bangkok, Pattaya, Phuket dan Chiangmai. Gallery ini dibuka sejak tahun 1982 dan pengunjung dapat membeli aneka perhiasan cantik seperti cincin, kalung, gelang, anting dan lain sebagainya yang perhiasan tersebut dihiasi batu permata seperti Berlin, blue sapphire, ruby, emerald, pink sapphire dan lain sebagainya. Perhiasan yang kita beli tersebut akan mendapat sertifikat keaslian pembelian dari gallery tersebut. Di gallery ini pengunjung juga bisa melihat secara langsung proses pembuatan perhiasan dari mulai masih berupa bongkahan, setengah jadi dan akhirnya menjadi perhiasan yang cantik.
Peternakan lebah madu bisa kita kunjungi ke The Big Bee Farm, dimana peternakan lebah madu ini merupakan yang terbesar di Pattaya. Di tempat ini, pengunjung diterangkan mengenai proses pembuatan madu yang berasal dari lebah madu yang diternak dan berbagai manfaat madu bagi kesehatan dan juga pengunjung bisa membeli berbagai macam produk seperti madu, bee pollen, propolis dan lain-lain dengan harga promo. Di tempat ini juga bisa mencoba olahan dari madu seperti es krim madu dan coklat madu yang sayang kalau gak di coba.

Kembali ke Bangkok, di Bangkok sekarang terdapat museum patung lilin yang terkenal yaitu Madame Tussauds. Untuk bisa masuk ke tempat ini, pengunjung diharuskan membayar THB 700 per orang. Dan museum ini terletak di sebuah mall, yaitu Siam Discovery Mall yang terdapat di Lantai 6 dari mall tersebut. Museum patung lilin ini terdapat beberapa tokoh terkenal baik pemimpin, artis, penyanyi, atlet dan lain sebagainya.
Cukup bangga saat saya berkunjung ke museum ini dikarenakan terdapat patung lilin tokoh proklamator kita yaitu Bapak Soekarno.

Di Bangkok, terdapat 2 (Dua) buah bandar udara, yaitu bandar udara Suvarnabhumi dan bandar udara Don Mueang. Bandar udara Don Mueang dapat di tempuh selama lebih kurang 30 menit menuju kota Bangkok, sedangkan bandar udara Suvarnabhumi jarak tempuh ke kota Bangkok diperkirakan sekitar satu jam.


1 komentar:

Madu Thailand mengatakan...

Kami Importir terbesar madu thailand ini di Indonesia, kami menjual big bee, mature honey, thepprasit, multiflora bee pollen dan lain lain, Semua produk kami ada izin Resmi BPOM Indonesia, bisa cek di website kami http://www.maduthailand.com/ atau langsung ke kontak WA kami : 085262362334